Selasa, 11 Juni 2013

Cara Mengurus Permohonan Paspor Baru

Untuk mengajukan permohonan Paspor Baru di masing-masing Kantor Imigrasi (Kanim) memiliki prosedur yang agak berbeda. Tapi disini saya mencoba untuk menginformasikan permohonan secara general agar sahabat tidak harus bolak-balik dalam pengurusannya.

Untuk pengajuan permohonan paspor baru, dokumen yang dibutuhkan antara pemohon dewasa dan anak2 (dibawah 17thn/yang belum memiliki ktp) berbeda.



Dokumen permohonan paspor baru untuk dewasa :
1. KTP yang masih berlaku;
2. Kartu Keluarga;
3. Akte Kelahiran;
4. Ijazah;
5. Akte/buku nikah jika sudah menikah; dan
6. Surat keterangan kerja dari perusahaan


Dokumen permohonan paspor baru untuk anak2 :
1. KTP kedua orang tua (suami & istri);
2. Kartu Keluarga (nama si-anak yang akan dibuatkan paspor harus sudah tercantum dalam KK);
3. Akte Kelahiran anak;
4. Akte/Buku Nikah orang tua;
5. Paspor orang tua
Kedua orang tua wajib hadir saat sesi wawancara dengan menunjukkan semua dokumen asli di atas

Dimohon sahabat betul2 melakukan dan menyiapkan dokumen seperti yang saya jelaskan di atas. Hal tersebut saya tekankan agar sahabat tidak harus bolak-balik hanya karena kelengkapan dokumen tidak sesuai seperti standar aturan imigrasi.

Pada saat pengajuan permohonan, setelah sahabat menyiapkan kelengkapan dokumennya seperti di atas, diharapkan sahabat datang sehari sebelumnya untuk mengambil formulir permohonan pembuatan paspor baru. Hal ini bertujuan untuk menghemat tenaga dan efisiensi waktu. Sahabat tidak dapat langsung untuk mengajukannya hari itu juga karena keterbatasannya nomer antrian. Jadi lebih hemat untuk datang sehari sebelumnya sebelum jam 11 siang hanya untuk mengambil formulir, syukur2 bisa lebih pagi agar dapat melihat dan mempelajari suasana di Kanim setempat.

Setelah sahabat mengambil formulir permohonan pembuatan paspor baru, silahkan sahabat isi dengan baik, jelas dan benar. Jika ada yang kurang paham dapat melihat contoh cara pengisian atau dapat bertanya pada petugas piket di sana.

Nah keesokan harinya sahabat dimohon untuk datang sepagi mungkin untuk bisa sampai di kantor imigrasi. Hal ini bertujuan agar sahabat masih kebagian jatah nomer antrian untuk penyerahan berkas. Karena yang sering terjadi, karena saking banyaknya pemohon, nomer antrian sudah habis saat jam kantor imigrasi baru saja dibuka. Usut punya usut ternyata pemohon sudah antri dari jam 6 pagi...weleh3x.. ;p


Setelah mendapat nomer antrian silahkan sahabat duduk manis menunggu nomer antrian sahabat dipanggil. Nah jika sudah dipanggil segera serahkan berkas formulir permohonan paspor baru sahabat di loket yang telah ditentukan disertai copi dokumen yang telah saya jelaskan di atas. Oh ya untuk keamanan saudara saat penyerahan berkas, sebaiknya semua dokumen asli juga ikut dibawa saat penyerahan dokumen, karena ada beberapa Kanim yang mensyaratkan untuk menunjukkan dokumen asli saat proses penyerahan dokumen.

Jika dokumen sudah diterima dan dinyatakan layak untuk diproses, maka sahabat akan mendapatkan selembar kertas undangan untuk proses pembayaran dan foto paspor. Biasanya tercantum di dalam undangan tersebut 3 hari kerja setelah penyerahan berkas. Misal sahabat menyerahkan berkas di hari Senin, maka undangan untuk datang proses pembayaran dan sesi foto paspor di hari Kamis. Di dalam kertas undangan tersebut biasanya jelas tertulis tanggal dan jam untuk datang kembalinya. Nah silahkan sahabat kembali lagi ke Kanim tersebut sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan oleh petugas ;-)

Jika anda tidak ingin takut tertipu oleh calo maka ada baiknya anda pilih biro jasa paspor resmi seperti kami. silahkan anda contact kami di bawah ini.

Budiarjo Mahameru
Biro Jasa PASPOR Resmi
Jl. L, gang R-1 No.42 RT. 004 RW. 011
Kelurahan Kebon Baru
Kecamatan Tebet
Jakarta Selatan - 12830

Simpati : 082114040233
Indosat : 081617030775
Pin BB : 597B6F47
email : jasapasporku@gmail.com
YM : budiarjomahameru
Fanpage : https://www.facebook.com/BantuBikinPasporByBudiarjoMahameru
twitter : @jasa_paspor
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar